Memelihara Daya Ingat

“Duh, ini jawabannya apa yaa ?? Padahal aku ingat, kemarin aku sudah belajar bab ini ..”

Kalimat tersebut mungkin pernah terjadi pada setiap orang. Khususnya pelajar. Kemampuan seseorang dalam mengingkat memang berbeda-beda. Kali ini akan dibahas cara mengingat yang bisa dipakai setiap orang. Cara ini mudah dipraktikkan dalam kehidupan kita. Dan nggak perlu pakai biaya !!

1. Tingkatkan minat dan rasa berkepentingan

Seorang manager pasti ingat dengan kegiatan-kegiatan yang biasa dilakukan oleh bosnya. Hal itu terjadi karena memang dia berminat dan mempunyai kepentingan dengan pekerjaannya sebagai manajer.
Sebaliknya jika kita tidak minat pada suatu hal, maka otak secara otomatis akan melupakan hal tersebut. Otak hanya akan mengingat suatu hal yang memang di perhatikan khusus oleh kita.

2. Bicara pada diri sendiri

Eitss!! Jangan menganggap satu hal ini seperti bicaranya orang gila di jalanan. Bicara pada diri sendiri ini penting karena hal ini akan memudahkan otak untuk mengingat. Otak seperti halnya computer akan menyimpan data yang telah dimasukkan. Dalam hal ini telinga berfungsi sebagai penguat ingatan kita. Tapi, jangan sampai kita mengucapkannya dengan keras-keras lho!!!

3. Jangan mengistirahatkan otak

Seperti halnya otot, otak yang sering digunakan akan semakin kuat. Otak tidak seperti computer yang terbatas kapasitasnya. Semakin sering kita menggunakan otak, maka semakin banyak hal yang bisa kita ingat antara satu hal dengan hal yang lain.

Daya ingat merupakan ‘notebook’ terbaik yang bisa dimiliki setiap orang tanpa harus membeli. Hal-hal diatas merupakan sekelumit tips agar kita dapat mengingat suatu hal dengan kuat. Kan susah kalau ada sesuatu yang penting lalu kita melupakannya.

0 Responses